Dorar Info

Dorar Info


Menanamkan Melek Finansial Pada Anak

Posted: 12 Sep 2014 06:50 PM PDT

Info Finansial - Melek #finansial merupakan suatu kemampuan penting yang perlu dikembangkan pada anak-anak. Melek finansial memberikan suatu pemahaman mengenai bagaimana mengelola keuangan dengan baik agar uang tidak hanya sekedar dibelanjakan tetapi menjadi salah satu investasi bagi masa depan. Menanamkan melek finansial pada anak menjadi suatu agenda yang penting dan tepat untuk dilaksanakan.

Melalui penanaman melek finansial yang dilakukan sejak dini, anak akan memiliki kesiapan yang lebih ketika menjalani kehidupannya di masa dewasa. Selain itu, anak-anak yang telah memiliki melek finansial sejak dini akan lebih matang dalam menghadapi kehidupan di masa datang. Anak-anak akan lebih memiliki sikap tanggungjawab yang lebih besar. Melalui melek finansial ini anak akan belajar mengenai bagaimana saya menggunakan uang? Bukan hanya mengerti bagaimana anak-anak membelanjakan uang. Melek finansial yang ditanamkan sejak dini akan memberikan kemampuan anak untuk dapat berinvestasi secara tepat dan menumbuhkan mental yang positif. Untuk itulah menanamkan melek finansial menjadi penting.

Anda dapat menanamkan melek finansial melalui pemberian tanggungjawab yang terarah pada penggunaan keuangan. Mengenalkan anak pada budaya menabung dan investasi laiinnya serta membangun kepercayaan diri dan motivasi tinggi bagi Anak untuk memperoleh apa yang diinginkannya dengan cara-cara yang cerdas. Orang tua perlu mengenalkan tabungan dan investasi melalui hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu anak akan lebih dapat memahami finansial keuangan mereka setalah dewasa.

Informasi Fundamental Keuangan Kesehatan dan Pengembangan Diri

Perencanaan Keuangan Setelah Pesta Pernikahan

Posted: 12 Sep 2014 07:20 AM PDT

Manajemen Keuangan Setelah menikah - Perencanaan Keuangan Setelah (Paska) Pesta Pernikahan - Pasangan yang akan menikah pasti mempunyai keinginan besar untuk merayakan pesta pernikahan tersebut dengan uang yang tak sedikit. Hal ini mereka lakukan semata- mata karena pernikahan adalah prosesi special dalam hidup mereka yang sejatinya hanya akan dilakukan sekali dalam sebuah perjalanan hidup.

Perlu banyak uang yang harus digelontorkan dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Persiapan tersebut mulai dari kartu undangan, tempat pelaksanaan, pakaian yang dikenakan, jumlah tamu undangan, souvenir, makanan jamuan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan pesta yang mewah dan meriah, sudah banyak uang yang mereka keluarkan sebelum menjalani bahtera rumah tangga.

Sebaiknya pasangan yang akan menikah tersebut, mampu untuk mengalokasikan tabungan keungan mereka untuk keuangan paska pernikahan. Kebutuhan- kebutuhan yang harus dipenuhi setelah menikah akan jauh lebih penting dan bermanfaat.

Kebutuhan pesta hanya akan bermanfaat tidak lebih dari satu hari. Setelah hari H perayaan, semua akan kembali seperti biasa. Pertimbangkan kebutuhan setelah anda menikah, kebutuhan- kebutuhan tersebut akan bersifat penting dalam waktu yang relaitf lama.

Menurut financial consultant, Eko Endarto memnuturkan bahwa kemampuan kita dalam mempersiapkan keuangak setelah pernikahan akan menentukan kualitas keluarga anda. Hal ini jauh lebih penting karena setelah menikah anda akan dihadapkan pada berbagai kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Hal- hal tersebut memerlukan pengeluaran yang tidak sedikit sehingga persiapannya pun harus benar- benar dipersiapkan dengan matang.

Jika uang tabungan anda sudah habis hanya untuk prosesi pesta pernikahan yang hanya berlangsung singkat, anda akan menjadi orang yang merugi. Bayangkan jika kebutuhan istri dan anak- anak anda yang tidak terpenuhi, siapa yang akan menyesal nantinya?

Oleh karena itu, keuangan paska pernikahan sudah sejatinya anda persiapkan jauh hari ketika anda yakin untuk memulai keluarga baru. Kebutuhan tersebut dimulai dari pengeluaran anda untuk mendapatkan rumah atau pun hunian, asuransi- asuransi yang melindungi keluarga anda, kebutuhan pangan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Informasi Fundamental Keuangan Kesehatan dan Pengembangan Diri

Komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 | Desire | Por Templates para Você