Dorar Info

Dorar Info


Cara Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Posted: 24 Sep 2014 10:38 PM PDT


Keuangan Keluarga - Ketika seseorang memutuskan untuk menempuh jenjang kehidupan yang serius bersama pasangan, tentunya banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang. Salah satunya adalah masalah pengelolaan keuangan yang ideal.

Jika tidak dibicarakan sejak awal, biasanya masalah pada sektor keuangan ini dapat memicu pertengkaran di waktu mendatang. Oleh karena itu, jangan sungkan ataupun ragu untuk membahas masalah keuangan sejak dini.

Ada beberap faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan bersama pasangan yang meliputi transparansi, visi, perencanaan dan kebersamaan.

Transparansi atau keterbukaan sangat penting untuk membuka semua hal tentang keuangan bersama pasangan. Bahas semua kebiasaan kita dalam mengeluarkan uang, hobi, hutang yang dimiliki, tanggungan hidup dan sebagainya.

Dengan saling terbuka terhadap semua hal tersebut, pastinya Anda dan pasangan akan lebih mudah dalam memperkirakan neraca keuangan di masa depan. Utarakan visi atau tujuan ke depan bersama pasangan. Kira-kira seperti apa yang diinginkan oleh Anda dan pasangan sebagai suami istri nanti.

Pertimbangkan hal-hal seperti waktu untuk melangsungkan pernikahan, rencana memiliki anak, tinggal dimana, target pensiun dan lain-lain.

Selain memiliki tujuan dan visi bersama, Anda juga harus punya perencanaan yang kuat dan melakukan aksi nyata atau realisasi. Buat semacam daftar skala prioritas tentang hal yang yang harus didahulukan dan hal yang bisa ditunda.

Ketika sudah berkeluarga atau memiliki pasangan, jangan mengatur keuangan sendiri dan usahakan untuk mengatur dan merencanakan keuangan bersama.


Komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 | Desire | Por Templates para Você